Translate

Selasa, 17 Mei 2016

Kawazu Zakura Festival di Izu Peninsula (Hari Pertama JR Tokyo Wide Pass)

Konbanwa minasan... ๐Ÿ˜„
Kali ini saya mau berbagi pengalaman traveling hari pertama saya pake tiket JR Kanto Wide Pass ke Kawazu Zakura Festival di Izu Peninsula, Shizuoka Prefecture.
Apa itu Kawazu Zakura (Sakura)?
Kawazu zakura salah satu jenis sakura yang mekar paling awal di daerah sekitar Tokyo (jenis sakura lain di Tokyo biasanya mulai mekar akhir maret-awal april). Jenis kawazu zakura ini mulai mekar disaat suhu masih dingin saat winter (fuyu)  di bulan februari. Awalnya kawazu zakura ini ditemukan dan di budidayakan di daerah kawazu, izu peninsula, makanya namanya kawazu zakura. Selain di daerah kawazu, izu peninsula, pohon kawazu sakura tumbuh juga di tempat lain di sekitaran tokyo tapi pastinya gak sebanyak di sepanjang sungai Kawazu dan sekitarnya. Setiap tahunnya di Kawazu diselenggarakan Kawazu Cherry Blossom Festival, dimana kita bisa menikmati indahnya bunga sakura lebih awal jauh dari hingar bingar ibu kota ๐Ÿ˜„.

FYI Selama saya tinggal di jepang belom pernah ketemu sakura (Padahal sakura salah satu tujuan utama kenapa pengen banget ke jepang selain salju ๐Ÿ˜‚) jadi ini adalah pengalaman pertama saya ketemu si cantik cherry blossom. ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธObviously I couldn't be more excited.  ๐Ÿ˜

Btw, di hari pertama ini saya pergi sendirian soalnya partner travelingnya (aka partner in everything) gak libur di kampus dan baru bisa ikutan di hari kedua dan ketiga. Berhubung saya ini  suka banget petualangan sendiri (zaman masih sendiri dulu bisa disebut autis) jadi gak masalah sama sekali! Dan quote buat perjalanan kali ini "if you want to go fast and far, go alone" ๐Ÿ˜

Buat perjalanan ke kawazu sakura festival ini saya udah reserved seat buat kereta limited express odoriko hari senin tanggal 15 februari 2016, jam 7.50 dari tokyo station ke kawazu station (tujuan izu-shimoda). Berhubung apato saya agak jauh sekitar 30 menit dari tokyo station plus belum tau nomor track (line) keretanya jadi harus berangkat sekitar jam 6.15 secara tokyo station luas banget. Petugas tokyo stationnya pun gak hapal semua nomor line keretanya donk. Saya sempet nanya petugas dan dikasih tau nomor line yang salah. Untungnya saya sadar dan liat informasi rute di line tersebut dan cari line yang bener (waktu saya berangkat limited express train Odoriko ada di line 9) buat JR Tokaido line.

Perjalanan dari tokyo station ke kawazu station sekitar 2,5 jam. Sepanjang jalan bisa tidur soalnya kereta dan tempat duduknya cukup nyaman. Tapi saya gak bisa tidur karena terlalu seneng mau liat sakura hehe. Sepanjang jalan mulai masuk daerah atami pemandangannya bagus sepanjang jalan pantai dan laut.

Setelah perjalanan cukup panjang disuguhin sama pemandangan yang cantik akhirnya sampai di kawazu station. Pertama kali keluar dari kereta suasananya udah bikin happy banget, karena mulai keliatan pohon sakura plus banyak simbol sakura dan warna pink. ๐ŸŒธLove it that much!!

Kawazu Sakura Festival ini deket banget sama stasiun kawazu, sekitar 3-4menit. Dari exit stasiun Kawazu, nyebrang jalan, terus ngelewatin tempat orang-orang jual makanan dan souvenir khas kawazu, setelah itu kelihatan pohon kawazu zakura sepanjang sungi kawazu. Btw, Orang orang disana ramah banget (beberapa kali saya dibilanh kawai ☺️) dan suasana pedesaan yang masih asri banget jadi cocok banget buat winter getaway dari hiruk pikuk kota ibu tiri (eh ibu kota tokio) yang didukung cuaca yang udah gak begitu dingin. Setelah jalan sekitar 3-5 menit dari eki (stasiun) sampailah di sakura paradise of kawazu! That was my very first time seeing the overwhelming beauty of cherry blossom. Heaven!๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐Ÿ˜

Oleh-oleh aka souvenir aka omiyage yang banyak dijual di Kawazu Zakura Festival yaitu manisan buah yang sebenernya dijual di banyak tempat juga termasuk di kombini dan supa hehe. Waktu saya beli manisan ini saya dikasih bonus sama ibu penjualnya dan dia bilang ganbatte! Hai ganbarimasu!! ๐Ÿ˜

Sebenernya banyak lokasi wisata lain di daerah Izu Peninsula terutama wisata laut dan pantai. Tadinya saya berniat ke beberapa Tempat Wisata di Izu Peninsula. Tapi karena saya terpesona dengan si kawazu zakura, kenyataannya saya stuck di satu tempat ini. Tapi saya gak nyesel dan kalau ada kesempatan dan rezeki totally pengen pergi kesana lagi bareng seseorang ๐Ÿ‘ซ.
Dibawah ada flyer yang membantu banget dari websitenya Kawazu tourist association in english.